Padat Karya Tunai Berdayakan Masyarakat Desa Moyag Tampoan

0

topikbmr.coKOTAMOBAGU – Program padat karya tunai di Desa Moyag Tampoan Kecamatan Kotamobagu Timur tahun 2019, sukses memberdayakan masyarakat di desa.

Dimana saat ini, pembangunan infrastruktur yang sedang dilaksanakan di Desa Moyag Tampoan, dengan sumber anggaran Dana Desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Pekerjan tersebut diantaranya, pembangunan saluran air dan plat Deuker terletak di Dusun 2 RT 05, dengan panjang 69 meter, total anggaran Rp 111.480.954, sumber dana dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2019. Serta pembangunan saluran air dan plat Deuker yang kedua, terletak di Dusun 3 RT 09, dengan panjang 67 meter, besaran anggaran Rp 153.391.824, sumber dana Dandes tahun 2019.

Kepala Desa Moyag Tampoan Halidun Tunggil mengatakan, kegiatan program padat karya tunai adalah swakelola, yakni mengutamakan tenaga kerja local dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

Dalam menjalankan program padat karya tunai ini, Hari Orang Kerja (HOK) yang turut serta atau yang diberdayakan dalam pekerjaan dua infrastruktur tersebut. Pengupahannya dilakukan dengan system upah harian atau paling maksimal adalah mingguan.

Lanjut Halidun, untuk pola pebayaran secara harian atau mingguan, ini dimaksud agar para tenaga kerja bisa membelanjakan uangnya secara harian guna memenuhi kebutuhan sehari hari.

“ Nah, dengan adanya program padat karya tunai ini, dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi warga yang pegangguran, miskin. Selain itu, dapat meningkatkan produktivitas, pendapatan dan daya beli masyarakat desa, serta membantu mengurangi pengangguran,”ujarnya.

Sementara itu, Ahadin Topiq Tim Pelaksana Kegiatan (TPK)  pembangunan Drainase dan Plat Deuker dengan sumber dana ADD mengatakan, dengan memaksimalkan sumber daya local dalam tahapan pekerjaan infrastruktur ini, selain membantu meningkatkan ekonomi masyarakat, juga membantu mempercepat pekerjaan. (Herdy)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.