Mulai di Tingkatan Sekolah, Calon Paskibraka Kotamobagu Disaring

0

TopikBMR,KOTAMOBAGU – Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Kotamobagu tahun 2020 mulai diseleksi. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Kotamobagu, Rabu (19/2/2020) telah melakukan seleksi di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kotamobagu.

Namun, untuk seleksi tahun ini, Dispora menggelar seleksi di 4 Kecamatan. Pun, seleksi perdana dilaksanakan di Lapangan Olahraga Desa Bungko, Kecamatan Kotamobagu Selata dan diikuti siswa-siswi MAN Kotamobagu pada, Rabu (19/2/2020) tadi.

Kepala Dispora Kotamobagu, Anas Tungkagi mengatakan, dilaksanakannya seleksi di 4 Kecamatan ini agar masyarakat sekitar dapat melihat tahapan seleksi yang dilakukan. “Sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi. Hari ini, tahapan seleksi dimulai. Alasan seleksi ini digelar di desa atau kelurahan mewakili tiap kecamatan, agar masyarakat bisa melihat langsung seperti apa tahapan seleksinya,” ujar Anas.

Anas pun berharap dengan terobosan tersebut, menambah antusias siswa-siswi untuk mengikuti seleksi Paskibraka di tahun-tahun yang akan datang. “Semoga dengan cara dan terobosan ini, antusias masyarakat semakin tinggi, khususnya para siswa untuk dapat mengikuti seleksi pada tahun-tahun berikutnya,” sambung mantan Kepala Bagian Tata Pemerintahan.

Dengan dilakukannya terobosan ini, Anas mengungkapkan, bahwa untuk tahun 2020 ini, peserta seleksi lebih banyak dari tahun sebelumnya.  “Tahun ini ada 364 siswa yang ikut seleksi, sementara tahun lalu hanya 274 siswa. Ada beberapa sekolah yang mengutus siswa dengan jumlah banyak, di antaranya, MAN, SMKN 1, SMK Cokroaminoto, SMAN 2, SMAN 1 Kotamobagu,” ujarnya.

Akan tetapi, peserta yang ikut seleksi di tingkat sekolah lanjut masih akan bersaing kembali di tingkat Kotamobagu. “Di tingkat sekolah kami menyaring calon Paskibraka yang memenuhi kriteria seperti baris berbaris, fisik dan disiplin. Jika sudah ke tahapan tingkat Kotamobagu, maka akan lebih banyak kriteria yang menjadi syarat, seperti wawancara, tes tertulis, mental disiplin dan tinggi badan,” pungkas Anas.

(Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.