Identifikasi Desa Penerima Bantuan, Kemendes PDTT RI Tinjau BUMDes di Boltim

0

topikbmr.co.BOLTIM -Tim Direktorat Sarana dan Prasarana, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia melakukan identifikasi beberapa desa terkait penyaluran bantuan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Slamet Umbola mengatakan,  kunjungan Tim Direktorat Sarana dan Prasarana tersebut terkait identifikasi beberapa desa dan Justifikasi Desa Atoga Timur, sebagai pemenerima bantuan dari Kemendes PDTT tahun ini.

“Tim yang turun ada empat orang. Jadi tahun ini Desa Atoga mendapat bantuan pengembangan wisata desa. Seperti, jalan menuju lokasi wisata, fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) dan pembuatan gazebo. Bantuan ini total anggarannya Rp540 juta,” ungkap Umbola pada jumat pekan kemarin. Minggu (21/7)

Lanjutnya juga, sebagai desa yang berhasil mengelolah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kembali mendapat bantuan Rp1,1 miliar. “Jadi ada bantuan pembuatan dua kolam di lokasi wisata, cafetarian. Bantuan ini dar8 Ditjen Pengembangan Ekonomi Usaha Desa,” ungkapnya

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerdayaan Masyarakat Desa, DPMD, Suzan Emor juga mengatakan selain justifikasi di Desa Atoga Timur, tim mengidentifikasi bantuan sarana dan prasaran di beberapa desa. “Jadi yang sudah dikunjungi diantaranya Desa Motongkad, Kecamatan Motongkad, Desa Idumun, Kecamatan Nuangan dan Desa Bukaka, Kecamatan Kotabunan,” tambahnya

Ia juga menjelaskan, identifikasi bantuan oleh tim tersebut menjadi acuan pemerintah pusat menyerahkan bantuan. “Jadi tim turun dan melihat langsung kondisi BUMDes. Nanti jika sudah lengkap maka Kemendes PDTT akan mengucurkan bantuan sesuai yang dibutuhkan desa,” tutupnya. (Iki)

Leave A Reply

Your email address will not be published.