Hingga Siang Ini, Sudah 322 Pelaku Usaha di Kotamobagu yang Mendaftar BPUM

0

TOPIKBMR.NEWS,KOTAMOBAGU — Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini telah dibuka pendaftarannya seluruh Indonesia.

Di Kota Kotamobagu, hingga siang ini, Rabu (7/4/2021) sudah 322 pelaku usaha yang mendaftar di Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop-UKM) Kotamobagu.

Kepala Disdagkop-UKM Kotamobagu Herman Aray, melalui Kepala Bidang Usaha Kecil Menengah, Meiva Najoan mengatakan, bahwa untuk pendaftaran tidak ada batas.

“Untuk kuota mengikuti kuota nasional sebanyak 12,8 juta pelaku usaha. Jadi tidak ada batas untuk Kota Kotamobagu. Karena yang menentukan adalah Pemerintah Pusat apakah layak menerima atau tidak,” kata Meiva kepada TopikBMR.news.

Pun, untuk batas hari pendaftaran, Meiva mengatakan masih terus dibuka. Pasalnya, belum ada informasi dari Kementerian terkait batas pendaftaran. “Masih belum ada informasi sampai saat ini,” ujar Meiva.

(Tri)

Adapun syarat dan cara mendaftar yang wajib diketahui penerima BLT UMKM :

1. Tidak sedang menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan

2. WNI dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)/ KTP Elekronik

3. Tidak berasal dari ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN/BUMD

4. Memiliki usaha Mikro yang dibuktikan dengan surat keterangan lurah/sangadi.

Cara Daftar

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan ini, bisa mendaftar ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) kabupaten atau kota di wilayah masing-masing.

Pelaku UMKM bisa mendaftarkan diri atau mengajukan dirinya ke pengusul yang sudah ditentukan.

Pengusul yang dimaksud adalah dinas yang membidangi koperasi dan UKM, koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum, kementerian/lembaga, perbankan, dan perusahaan pembiayaan lain yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ini dokumen yang perlu disiapkan :

1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)

2. Alamat tempat tinggal

3. Bidang usaha

4. Nomor telepon.

Leave A Reply

Your email address will not be published.