Kotamobagu

Gelar Musrenbangdes, Ini Tiga Usulan Pembangunan Desa Moyag Todulan

TOPIK KOTAMOBAGU – Pemerintah Desa (Pemdes) Moyag Todulan melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2020, bertempat di Kantor Desa Moyag Todulan, Kecamatan Kotamobagu Timur, Rabu (23/1/2019) lalu.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Moyag Todulan, Dehan Pontoh, yang dihadiri oleh perwakilan Bappelitbangda Kotamobagu, staf kecamatan, ketua dan anggota BPD, Kaur Desa, seluruh Kepala Dusun dan Kepala RT, pendamping desa, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda Desa Moyag Todulan.

Sekretaris Desa Moyag Todulan, Dehan Pontoh mengatakan, rapat Musrenbang yang digelar tersebut, membahas tentang pengajuan rencana pembangunan fasilitas umum yang diajukan oleh setiap Kepala Dusun (Kadus).

“Banyak usulan pembangunan yang diajukan oleh para Kadus, namun dalam memutuskan pembangunan tersebut kita lebih mengedepankan asas manfaat suatu pembangunan. Dengan memprioritaskan apa yang harus dibangun oleh pemerintah Desa Moyag Todulan,” kata Pontoh.

Dikatakannya, dari rapat Musrenbang itu lahir tiga usulan prioritas untuk pembangunan Desa Moyag Todulan kedepan. Antara lain, normalisasi sungai disamping masjid Al Hidayah dengan panjang 600 meter, di dusun II RT 5, kemudian pengaspalan jalan lorong Serayu serta pengaspalan jalan pertanian di dusun III RT 7.

“Dari tiga usulan itu, yang sangat diprioritaskan adalah pembangunan normalisasi sungai disamping masjid Al Hidayah. Sebab, pengusulan ini sudah lama sejak pemekaran desa Moyag Todulan pada tahun 2007,” ungkapnya.

Diprioritaskannya normalisasi sungai tersebut lanjut Pontoh, mengingat dampak buruk kedepan, karena disamping sungai ada rumah warga dan pekuburan yang mulai hancur dibawa arus sungai.

“Untuk itu, harapan masyarakat kepada pemerintah daerah meminta agar usulan ini disetujui dan segera terealisasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Moyag Todulan, Sartono Makalalag SH, menyampaikan bahwa dalam mewujudkan pembangunan di dalam desa, keamanan dan ketertiban merupakan salah satu bagian kebutuhan pokok yang harus dirasakan masyarakat, yaitu terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

“Mari bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang sudah kondusif, mengingat ditahun 2019 ini memasuki pesta demokrasi yaitu Pilpres dan Pemilu Legislatif,” ujar Makalalag. (Gufran)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top