Dua Desa di Kotamobagu Raih Reward dari Kemenkeu RI

0

TOPIKBMR.CO KOTAMOBAGU – Dua Desa di Kota Kotamobagu, yakni Desa Moyag Todulan dan Desa Bilalang I, mendapat reward dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia berupa Alokasi Kinerja di tahun 2020, setelah kedua Desa tersebut, sukses mengelola Dana Desa di tahun 2019.

Informasi tersebut, sesuai yang dikatakan, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Rum Mokoagow.

Menurutnya, dalam pengalokasian dana desa untuk tahun 2020 kedua desa mendapat tambahan dana lewat komponen alokasi kinerja.

“Tahun sebelumnya pengalokasian dana desa oleh Kemenkeu yakni, alokasi dasar, alokasi afirmasi, alokasi formula. Nah, untuk tahun 2020 Kemenkeu menambahkan satu komponen yakni alokasi kinerja dalam pengalokasian dana desa sebagai bentuk reward pada desa Moyag Todulan dan Bilalang I dengan penilaian Kemenkeu terbaik,” kata Rum.

Pun, reward yang diberikan Kemenkeu kepada dua desa tersebut, berdasarkan empat kategori penilaian Kementerian Keuangan di tahun 2019, yakni terkait pengelolaan keuangan desa, pengelolaan Dandes, output Dandes, dan pencapaian pembangunan Dandes.

“Atas capaian tersebut Desa Moyag Todulan dan Desa Bilalang I mendapat tambahan dan masing-masing sekira 140-an juta lewat alokasi kinerja,” terangnya.

Ia berharap, agar 13 desa se Kota Kotamobagu agar bisa belajar dan menjadikan dua desa tersebut sebagai motivasi kedepan hingga bisa mendapatkan reward yang sama dari kementerian keuangan RI.

“Harapan saya, 13 Desa bisa menerapkan empat kategori penilaian tersebut di tahun 2020 agar ditahun 2021 bisa mendapatkan reward seperti Bilalang I dan Moyag Todulan,” pungkasnya.

(Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.