Kotamobagu

DPP Kotamobagu Targetkan Padi Serayu Jadi Komoditi Unggulan di BMR

TOPIKBMR.NEWS,KOTAMOBAGU – Pemurnian benih padi lokal jenis serayu di Kota Kotamobagu menjadi program prioritas dari  Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) Kotamobagu, di tahun 2021 ini.

Hal itu agar padi serayu segera terdaftar di Kementerian Pertanian (Kementan) dan menjadi komoditi unggulan di Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Demikian yang dikatakan Kepala DPP Kotamobagu, Muhammad Yahya. Diungkapkannya, pihak dari DPP akan bekerjasama dengan Balai Pengujian Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Perkebunan (BP2SBTP) Provinsi Sulawesi Utara, dalam hal perbaikan varietas padi lokal jenis Serayu.

“Penangkaran padi lokal yang utama adalah tahapan seleksi, baik seleksi benih maupun seleksi tanaman. Nah, salah satu cara yang kita upayakan yaitu dimurnikan. Jadi, nanti tiga kali panen kita lakukan uji coba, apakah benih tersebut layak atau tidak,” terang Yahya.

Untuk itu, lanjut Yahya, pihaknya akan bekerjasama dengan BP2SBTP Provinsi Sulawesi Utara, jika nanti hasilnya bagus akan didaftarkan ke Kementerian Pertanian, agar benih padi Serayu mempunyai legalitas sebagai bibit dari Bolaang Mongondow Raya.

(Tri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top