DPMD Kotamobagu Bakal Monitoring Penyaluran BLT Dandes di 15 Desa

0

 TOPIKBMR.NEWS,KOTAMOBAGU – 15 Desa yang ada di Kota Kotamobagu, saat ini tengah melakukan verifikasi calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang sumber dari anggaran bantuan ini berasal dari Dana Desa.

Hal itu sebagaimana yang dikatakan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kota Kotamobagu melalui Kepala Bidang PMD Rum Mokoagow, Kamis (30/4/2020).

“Kemungkinan bantuan akan disalurkan pada minggu pertama di bulan Mey. Saat ini sudah dalam tahapan verifikasi dan pendataan lapangan calon penerima oleh Pemerintah Desa (Pemdes). Selanjutnya akan dimusyawarahkan ditingkat Desa dan akan melibatkan BPD, Tokoh Masyarakat, Toko Agama dan Pemuda,”Kata Mokoagow.

Pun, untuk penyaluran BLT ini, Rum menegaskan bahwa pihaknya telah menghimbau kepada Pemdes untuk menyalurkan bantuan itu pada awal bulan Mey “Kami sampaian ke Desa bahwa penyaluran paling lambat Minggu pertama bulan Mey. Setiap Kepala Keluarga (KK) akan menerima 600 ribu, nama nama yang menerima BLT adalah mereka yang tidak masuk sebagai penerima PKH, warga miskin, bukan penerima BPNT, dan memiliki kartu prakerja,”Terang Mokoagow.

Agar penerima bantuan tepat sasaran, Rum mengatakan, pihaknya juga akan melakukan monitoring serta evaluasi dari hasil musyawarah di tingkat Desa. “Jadi setelah nama nama penerima sudah ada selanjutnya akan disahkan oleh Wali Kota Kotamobagu didelegasikan ke Camat, disini akan dicek kembali. Selain itu ada juga Monev dari BPD dan Inspektorat,”Pungkas Mokoagow.

Diketahui, tidak semua BLT yang bersumber dari Dana Desa memiliki perhitungan yang sama. Untuk Dandes Rp 800 hingga Rp 1 Miliar dialokasikan sebesar 30 persen. Sedangkan Dandes diatas Rp 1 Miliar hingga Rp 2 Miliar dialokasikan 35 persen.

(Tri)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.