Boltim

BPBD Boltim Imbau Warga Tak Lakukan Pembakaran Hutan dan Lahan

topikbmr.co BOLTIM –Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menghimbau kepada warga Boltim, dalam kondisi cuaca kemarau saat ini untuk mewaspadai terjadinya kebakaran hutan atau lahan.

Hal ini diungkapkan  Evis Siagian melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Yanto Modeong, ia mengatakan,

“Waspadai kebakaran hutan dan lahan, segera laporkan kepada BPBD atau melakukan penanganan dini apabila ada tanda-tanda kebakaran kecil di area hutan atau lahan kering,” ungkap Yanto. Senin (19/8)

Lanjutnya juga, hal-hal yang perlu dihindari terjadinya kebakaran yakni mengurangi aktifitas pembakaran lahan dan hutan serta rumput kering terutama yang berdekatan atau berada di wilayah pemukiman warga.

Menjaga serta merawat sumber mata air bersih agar dapat digunakan dan di manfaatkan untuk kebutuhan warga masyarakat. Dilarang membuang puntung rokok di areal perkebunan atau di pinggiran jalan demi menghindari pemicu terjadinya kebakaran. Meminta bantuan serta koordinasi antar instansi lintas sektoral terutama pihak kecamatan agar dapat bekerja sama menginformasihkan hal ini kepada perangkat desa di wilayah kecamatan masing-masing.

“Upaya pencegahan merupakan cara terbaik dan sangat penting untuk dilakukan karena upaya ini relatif lebih mudah dan murah dibandingkan jika kita melakukan penanggulangan kebakaran yang sudah terjadi,” ungkapnya

Lanjutnya, untuk pencegahan ini juga menurutnya diperlukan kerja sama dari berbagai pihak, yakni satuan tugas gabungan dari pemerintah daerah, TNI/Polri, masyarakat dan dunia usaha.

“Mencegah dan menanggulangi merupakan alternatif penguatan untuk meminimalisir terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan,” tutupnya. (Iki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top