Kotamobagu

15 Kelompok di Kotamobagu Terima Bantuan Bibit Patin dan Nila

topikbmr.co KOTAMOBAGU– Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Dispertanak) Kota Kotamobagu menyalurkan bibit ikan Patin dan Nila kepada 15 kelompok budidaya ikan air tawar yang tersebar di sejumlah Desa dan Kelurahan se Kotamobagu.

Ditemui di ruang kerjanya, Kamis (19/09/2019) Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dispertanak Kotamobagu, Anto Mamonto, S. PKP mengatakan, penyerahan bibit 2 (dua) jenis ikan air tawar ini, diserahkan Kepala Dispertanak Muljadi Surotenodjo.

“Penyerahan bantuan program pembinaan dan pengembangan perikanan paket percontohan ikan nila dan patin tahun 2019 ini, dilaksanakan kemarin yang diserahkan langsung oleh pak Kadis kepada perwakilan masing-masing kelompok,” katanya.

Menurut Anto, bantuan yang diserahkan terdiri dari 2 jenis bibit ikan air tawar.

Jenis Patin diserahkan kepada 8 kelompok, sedangkan bibit ikan Nila diberikan kepada 5 kelompok. 1 kelompok itu mendapatkan 5000 ekor bibit ikan dengan ukuran 7/9 dan anggarannya bersumber dari DAU Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2019,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya berharap kepada kelompok yang menerima bantuan tersebut, agar memanfaatkan sebaik-baiknya program ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok.

“Sesuai tujuan penyuluhan yakni Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap. Paket percontohan kita berikan, pakan, sarana prasarana lengkap agar mereka bisa mengetahui mulai dari pengolahan kolam sampai dengan pemeliharaan,” ujarnya.

Setelah pengetahuan diperoleh tentunya mereka mulai terampil. Keterampilan itu mulai dari penanganan ikan, termasuk tatacara pemberian pakan dan nantinya akan didampingi penyuluh perikanan dari kementerian.

“Nah ini yang paling sulit diterapkan, mereka sudah ada pengetahuan dan keterampilan tapi tergantung mereka, mau melaksanakan atau tidak. Intinya, diharapkan mereka bisa merubah mindsetnya,” urainya mengakhiri.(wan/her)

Berikut Daftar Kelompok Penerima Bantuan.
Bibit percontohan nila di kolam:
1. Bansian Kelurahan Molinow
2. Harapan Kelurahan Mogolaing
3. D’Talaga Desa Bungko
4. Arwana Monogid Desa Poybes II
5. Tumpang Desa Kopandakan I

Bibit percontohan Patin di kolam:
1. Togop Jaya Kel. Kotamobagu
2. Tobukow Mongkonai Induk
3. Eleba Mandiri Pontodon Induk
4. Matoa Biga
5. Mototanoban Kobo Kecil
6. Budidaya Motoboi Besar
7. Inaton Fish Motoboi Kecil
8. Golondu Poyowa Besar I

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top